merupakan perpaduan antara mobil ECO (hemat) dengan mobil sport 1500cc,Honda CR-Z berbekal 2 mesin listrik dan bensin membuat mobil ini benar-benar sempurna sebagai mobil sport tangguh dan hemat bahan bakar. Honda CRZmemiliki
tiga modus pengendaraan yang dapat dipakai berdasarkan keinginan
pengemudi yang juga dapat disesuaikan dengan track yang dilalui, ketiga
modus ini antara
lain
"modus normal" yang digunakan untuk perjalanan sehari-hari, "modus
Sport" pengendaraan yang membutuhkan tenaga besar seperti kecepatan dan
akselerasi tinggi, yang ke tiga adalah "modus ECO" merupakan modus hemat
bahan bakar / ramah lingkungan dimana penggunaaan modus eco akan
membuat mobil lebih sensitif pada penggunaan bahan bakar yang tidak
efisien, indikator ECO / ECO Assist juga disematkan speed meter CR-Z
yang berfungsi untuk mengingatkan pengemudi akan cara mengemudi yang
lebih baik.
Honda CR-Z tersedia dalam 2 pilihan transmisi yakni transmisi manual (6 percepatan) dan transmisi otomatis (CVT), Untuk tenaga yang dihasilkan New Honda CRZ Manual adalah 120 Ps sedangkan Daya Maksimum CR-Z Otomatis
sebesar 118 Ps, perbedaan daya sebesar 2 Ps ini akibat dibenamkannya
transmisi CVT yang memang akan mengurangi akselerasi mobil akan tetapi
menambah kenyamanan dalam mengemudikan New CR-Z automatic ini.
Mesin

New Honda CRZ memakai
mesin i-Vtec 1500cc dengan tambahan mesin tenaga baterai dengan daya
maksimum 20 Hp yang sering disebut dengan IMA (integrated Motor Assist),
ke dua teknologi ini dibenamkan dalam 1 mesin yang memiliki 2 sumber
tenaga yakni listrik dan premium. Keunggulan menggabungkan motor listrik
dan mesin bensin adalah mobil memiliki 2 pilihan sumber tenaga (listrik
dan bensin), motor listrik memiliki keunggulan pada kecepatan
akselerasi-tanpa polusi-getaran yang halus sedangkan motor bensin
memiliki keunggulan pada daya tahan terhadap medan yang dihadapi. Pada
saat start mobil cr-z ini akan memakai tenaga baterai / listrik dimana
penggunaan tenaga listrik memiliki akselerasi/ tarikan yang jauh lebih
cepat daripada bensin, pada kecepatan 40 Km/ jam New Honda CRZ akan
mengubah penggeraknya dengan mesin bensin yang memiliki dentuman khas
mobil balap. Teknologi ini dikenal dengan teknologi CR-Z Hybrid.
Total Daya yang dihasilkan 2 motor dalam 1 mobil ini mencapai 140 Ps, Honda CRZ memiliki
torsi sebesar 190 Nm pada 2000 rpm (tipe manual) dan 172 Nm pada 3000
rpm (transmisi CVT). Besarnya Daya dan Torsi Honda CRZ ini ternyata
tidak serta-merta menjadikan konsumsi bahan bakar mobil ini boros,
karena tercatat Honda CR-Z Hybrid
irit dalam hal konsumsi bahan bakar, penggunaan fitur ECO assist yang
benar akan memperoleh rasio konsumsi BBM sebesar 1:20 (1 liter banding
20 Km).
New Honda CR-Z ini
memiliki sistem pengatur tenaga yang sangat pintar disebut "Plus Sport
System" yakni sebuah pengatur otomatis yang bisa mengatur penggunaan
mesin listrik atau bensin secara otomatis tergantung medan yang dilalui.
Teknologi listrikHonda CR-Z ini
juga terbulang fituristik yakni baterai mengambil tenaga dari mobil
saat mobil di rem, tenaga kinetik yang didapat akan disimpan dalam
baterai mobil untuk pada saat yang tepat digunakan.
Safety Honda CR-Z sangat
baik, fitur keamanan dibekali immobilizer dan alarm sehingga membuat
mobil ini cukup aman dari pencurian. Pada sisi keselamatan penumpang
mobil ini dibekali beberapa airbag sensor antara lain dual airbags pada
dua kursi depan dan side airbags pada sisi samping mobil, mobil ini juga
dilengkapi VSA dan teknologi rem termodern ABS EBD BA sebagai piranti
keselamatan utama.
Awal
bulan Maret 2013 ini Honda CRZ sudah di distribusikan pada pemesan,
tercatat sekitar 180 an mobil telah dikeluarkan di Indonesia, mobil yang
sering disebut sebagai mobil sport ini ternyata memiliki 2 varian yakni
varian manual dan varian matic.
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 02 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 03 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 04 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 05 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 06 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 07 |
|
 |
Honda CR-Z Sport Hybrid 08 |
|